Rabu, 06 Desember 2017 - 20:53:59 WIB

Jember Awali Pembentukan Sentra Gakumdu Pilgub Jatim


Diposting oleh : Dhidi
Kategori: POLITIK - Dibaca: 25 kali

Beritaa1,Jember: Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jember bersama Kepolisiaan serta Kejaksaan membentuk Sentra Penegakaan Hukum Terpadu ( Gakumdu) Pilgub Jawa Timur 2018.

Pengukuhan Sentra Penegakaan hukum satu atap itu ditandai dengan penandatanganan bersama yang dilaksanakan di aula rupatama Polres Jember, Rabu (6/12/2017).

"alhamdullilah ini berkat kerjasama Kepolisiaan, Kejaksaan dan Panwaslu, jember mengawali MOU penandatanganan Sentra Gakumdu dari 38 kabupaten/kota di wilayah jawa timur," ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Jember, Abdullah Waid kepada sejumlah media.

Secara tekhnis, pembentukan Sentra Gakumdu Kabupaten Jember mengacu pada SOP 2013, menyusul hingga saat ini SOP untuk pelaksanaan Pilkada 2018 masih dalam pengodokan dari Komisi 2 DPR RI.

"harapan kita dengan telah adanya sentra gakumdu ini maka dalam pemetaan pidana pemilu dari awal sudah ada pemahaman antara Panwaslu, Kepolisiaan dan Kejaksaan," terangnya.

Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo menyatakan dibentuknya Sentra Gakumdu merupakan wujud kesiapaan aparat keamanan untuk mengawal jalannya pelaksanaan pilkada 2018 khusunya dalam menerima laporan, menanggani hingga melakukan penegakan hukum jika ditemukan adanya pelanggaran pidana pemilu.

"seandainya nanti ada perkara-perkara pidana pada pelaksanaan pilgub maka kita sudah mempersiapkan diri, tempatnya di kantor Panwas, personilnya ada dari Kepolisiaan sebanyak 12 personil, Kejaksaan ada 5 personil dan dari panwas sendiri ada 5 personil,disana juga sudah tercantum nomor telpon yang dapat dihubungi dan siaga 24 jam," tandas Kuwsoro.

Sementara itu Kajari Jember, Poncho Hartanto mengungkapkan, pembentukan Sentra Gakumdu akan mempercepat setiap proses penanganan hukum bilamana ditemukan adanya pelanggaran pidana pemilu dalam pelaksanan Pilgub.

"proses penanganan perkara sengketa pilkada itu cepat karena terbatas oleh aturan waktu, selama 7 hari untuk proses di Panwas, penyidikan di kepolisian selama14 hari dan di kejaksaan selama 5 hari, oleh karena itu setiap laporan yang disampaikan maka perlu dilengkapi dengan bukti-bukti yang cukup untuk kelancaran setiap proses penegakan hukum ", pungkas Poncho.



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Pencarian



semua agenda

Agenda




• 05 November 2017

Safari Jurnalistik



semua download

Download

semua buletin

Buletin




    Statistik User


      2175642

      Pengunjung hari ini : 60
      Total pengunjung : 512473
      Hits hari ini : 167
      Total Hits : 2175642
      Pengunjung Online : 1

    Jajak Pendapat



    Apa Situs Berita Favorit Anda ?

    Kompas.com
    detik.com
    BeritaA1.com
    Liputan6.com

    Lihat

    Banner


    close