Selasa, 05 Desember 2017 - 13:00:34 WIB

DKLH Lumajang Inovasi Pengelolaan Lingkungan


Diposting oleh : Kang Ton
Kategori: DAERAH - Dibaca: 36 kali

BeritaA1 Lumajang Pemerintah Lumajang Jawa Timur hingga saat ini terus mempertahankan penilaian Adipura Lumajang di tahun 2018 mendatang dengan melakukan berbagai macam Inovasi guna meningkatkan hasil penilaian Adipura yang maksimal Ir Nurul Huda Kepala Dinas Lingkungan Hidup - DKLH Lumajang ketika melakukan dialog di RRI Jember menjelaskan, Pemerintah Daerah Lumajang Jawa Timur hingga saat ini terus melakukan upaya maksimal dalam mendapatkan penilaian tersebut tentu saja dengan upaya perbaikan dalam melakukan pengelolaan lingkungan yang melibatkan semua unsur terutama masyarakat.

"Yang paling penting adalah inovasi yang dilakukan salah satunya mendirikan bank sampah Kalpataru, biogas Portable untuk masyarakat yang berbahan baku dari sampah dan masyarakat tidak perlu lagi menggunakan LPG, kedepan adanya gas metan yang akan diberikan gratis pada masyarakat, "Jelasnya Selasa (05/12/2017)

Penghargaan Piala Adipura merupakan penghargaan bergengsi yang melibatkan semua masyarakat karena penghargaan tersebut untuk masyarakat untuk itu perlu adanya peran serta semua elemen masyarakat Lumajang. Sementara itu Kepala Bidang Pelestarian Lingkungan Hidup dan Peran Serta Masyarakat DKLH Abdul Rojak, dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup khususnya limbah yakni pengusaha akan dipantau kinerjanya dalam pengelolaan lingkungan." Jika perusahaan menghasilkan limbah cair maka wajib mengeluarkan hasil uji laboratorium, demikian juga perusahaan yang menghasilkan limbah udara juga harus melakukan hasil uji lab, "Jelasnya.

Jika ditemukan adanya pengusaha yang membandel dan menyalahi aturan maka akan diberikan peringatan dan sangsi tegas. Lebih Jauh juga dikatakan, dalam pengelolaan limbah medis selama ini di Lumajang sudah ada alat insenerator untuk melakukan pengelolaan limbah tersebut selain juga telah dipihak ketigakan. Dalam melakukan Adipura ada penilaian non fisik dan tahun kemarin Lumajang mendapatkan nilai tinggi.

Pada kesempempatan yang sama Direktur Bank sampah kalpataru DKLH Danar Indra, sejauh ini telah melibatkan masyarakat dalam melakukan pengelolaan bang sampah termasuk memberikan sosialisasi pada masyarakat untuk melakukan daur ulang sampah menjadi barang berguna dan melakukan pemasaran ke Bazar dan ke Media sosial. "Masyarakat saat ini tidak perlu repot membuang sampah yang memiliki nilai yang artinya adanya program jemput bola untuk mengambil sampah dan diganti dengan uang atau yang lainnya, "Pungkasnya. Ton



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Pencarian



semua agenda

Agenda




• 05 November 2017

Safari Jurnalistik



semua download

Download

semua buletin

Buletin




    Statistik User


      2175646

      Pengunjung hari ini : 60
      Total pengunjung : 512473
      Hits hari ini : 171
      Total Hits : 2175646
      Pengunjung Online : 1

    Jajak Pendapat



    Apa Situs Berita Favorit Anda ?

    Kompas.com
    detik.com
    BeritaA1.com
    Liputan6.com

    Lihat

    Banner


    close