Senin, 04 Desember 2017 - 22:37:43 WIB

Dishub Jember pasang CCTV Antisipasi Pencuriaan Solar Cell


Diposting oleh : Dhidi
Kategori: DAERAH - Dibaca: 26 kali

Beritaa1,Jember: Dishub Jember memasang kamera CCTV di beberapa titik rawan pencurian baterai solar cell. Langkah itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi maraknya aksi pencuriaan aset negara yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak tidak bertanggung jawab.

fasilitas pendukung lampu sinyal lalulintas traffic light yang kini telah dilengkapi dengan pendukung daya atau batere yang menggunakan teknologi tenaga matahari atau solar cell.

Sayangnya, hingga kini masih ada oknum yang sengaja ingin mengambil paksa fasilitas vital tersebut, sehingga dampaknya akan sangat buruk bagi pelayanan publik.

Data di Dinas Perhubungan Jember, pemasangan solar cell terinstal untuk traffic light, sinyal kereta, lampu penyeberangan sekolah, hingga lampu penerangan terminal. Beberapa kali baterenya telah dicuri maling. Laporan polisi sudah dilakukan Dishub Jember, namun aksi pencurian masih saja terjadi.

“Kami tak boleh kalah sama maling. Beberapa baterai solar cell traffic light dicuri maling. Strategi harus kami tingkatkan lagi,” ungkap Kabid Lalu Lintas Dishub Jember, Leon Lazuardy.

Leon, meyakini pencuri baterai solar cell itu spesialis. Bahkan, ada pemesan khusus baterai tersebut. Sekali mencuri, 10 baterai bisa langsung lenyap. Dampaknya, fasilitas lalu lintas itu tak berfungsi.

Sampai sekarang, traffic light di simpang tiga Baratan, lampu jalan di Terminal Arjasa, penyeberangan sekolah di Jubung dan penyeberangan di rel kereta api Jalan Belimbing Jember, juga tak berfungsi karena ulah pencuri. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan masyarakat pengguna jalan, dan pelayanan pada umumnya, yang kini di era Bupati Faida dan Wabup Mukit, sejumlah pelayanan publik digenjot untuk ditingkatkan.

Pihaknya pun tak bisa mengganti baterai senilai Rp 1,5 juta perbaterai-nya itu, karena harus menunggu usulan anggaran terlebih dahulu. Sedangkan baterai yang hilang, sudah berjumlah puluhan unit. Leon, pencurian yang sama juga sempat dialami oleh Dinas Cipta Karya.

Baterai solar cell Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Gumitir, lenyap tak tersisa dicuri maling. Setelah itu milik Dishub Provinsi Jatim. Baru kemudian Dishub Jember jadi korbannya.

“Selain itu, ada petugas piket yang melakukan pengawasan. Jika kepergok malingnya, diintruksikan langsung tangkap,” tegasnya. 



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Pencarian



semua agenda

Agenda




• 05 November 2017

Safari Jurnalistik



semua download

Download

semua buletin

Buletin




    Statistik User


      2175640

      Pengunjung hari ini : 60
      Total pengunjung : 512473
      Hits hari ini : 165
      Total Hits : 2175640
      Pengunjung Online : 2

    Jajak Pendapat



    Apa Situs Berita Favorit Anda ?

    Kompas.com
    detik.com
    BeritaA1.com
    Liputan6.com

    Lihat

    Banner


    close