Senin, 04 Desember 2017 - 17:33:49 WIB

Berbasis IT, Layanan Uji Kir Dishub Jember Bebas Pungli


Diposting oleh : Dhidi
Kategori: DAERAH - Dibaca: 29 kali

Beritaa1,Jember: Transparansi, akuntabilitas, dan kecepatan layanan dijawab oleh kemampuan Teknologi Informasi (IT). Hal itu merupakan janji kerja Bupati Jember Faida – Wabup Kiai Muqit,  dalam rangka Jember Iptek dan Imtaq, melalui Smart City.

Untuk mewujudkan itu, kini  pengujian  kendaraan bermotor milik Dishub Jember (uji KIR),  memanfaatkan Teknologi Informasi (TI). Setiap pos pengujian telah terintegrasi ke server dengan berbasis online.Transparan dan pemohon uji kir bisa mengakses dengan mudah.

Kepala Dinas Prerhubungan Pemkab Jember, Drs Isman Sutomo,  mengatakan  fasilitas itu menjadi dasar penilaian  tim akreditasi nasional untuk menentukan  kelayakan uji KIR Jember, atau tidak.

“UPT Pengujian Kendaraan Bermotor  ada   SOP jelas, sesuai Instruksi Bupati Faida,  mengurus Uji Kir dipastikan cepat dan tanpa pungli,” ujarnya.

Uji KIR telah  terakreditasi dan diyakini meraih poin penilaian tertinggi.

“Kabarnya  akreditas A dan B. Saya kok yakin, dua-duanya pengujian kir milik Jember lolos dengan akreditasi A,” yakinnya.

Dibanding dengan  sekitar, Pemerintah Kabupaten Jember  lebih unggul  dan telah menjadi  percontohan di Jatim. Setelah akreditasi, daerah akan diuntungkan.  Sebab, tidak akan ditutup. Sehingga  pendapatan asli daerah (PAD) masih bisa diraih dengan skema daerah.

Dua tempat Uji KIR Jember, bisa melayani 100 -an unit kendaraan dengan retribusi  Rp 50 – 60-an  per unit. Sehari, PAD  dari Uji KIR bisa  tembus Rp 6 jutaan, belum dikali 6 hari kerja sepekan.

Tim Akreditasi Nasional  dari Kementerian Perhubungan, Dishub Jatim,  dan Tim Independen dari Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI), datang ke Jember. Ketua Tim Akreditasi, Umboro Budi,  menegaskan penilaian akreditasi dapat diketahui hasilnya akhir pekan dan penilaiannya sangat faktual,objektif, dan akuntable.



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Pencarian



semua agenda

Agenda




• 05 November 2017

Safari Jurnalistik



semua download

Download

semua buletin

Buletin




    Statistik User


      2175639

      Pengunjung hari ini : 60
      Total pengunjung : 512473
      Hits hari ini : 164
      Total Hits : 2175639
      Pengunjung Online : 2

    Jajak Pendapat



    Apa Situs Berita Favorit Anda ?

    Kompas.com
    detik.com
    BeritaA1.com
    Liputan6.com

    Lihat

    Banner


    close