Senin, 04 Desember 2017 - 14:22:10 WIB

Kantor Penyuluh Pertanian Diresmikan Guna Peningkatan Produktivitas Pertanian


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: BISNIS DAN EKONOMI - Dibaca: 176 kali

NeritaA1 Lumajang : Guna meningkatkan hasil produktivitas dalam bidang pertanian di Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Bupati meresmikan Kantor UPT-BPP Kecamatan Kunir. Kantor Unit Pelaksana Terpadu - Balai Penyuluhan Pertanian (UPT. BPP) Kecamatan Kunir diresmikan Bupati Lumajang, Drs. Asat, M.ag. Gedung yang berlokasi di Desa Kunir Kidul tersebut diresmikan ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Lumajang.

Sebagai bentuk rasa syukur atas diresmikannya kantor UPT. BPP Kecamatan Kunir, Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Dewi Sri yang didalangi oleh Ki Yoyok Risdianto untuk menghibur masyarakat sekaligus sedekah desa Kunir Lor. Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Ir. Paiman, pengambilan lakon "Dewi Sri" merupakan permintaan dari kelompok tani Kunir.

Dewi Sri dalam cerita pewayangan merupakan lambang kemakmuran hasil bumi. Dengan mengangkat lakon tersebut, diharapkan hasil bumi petani di Kabupaten Lumajang sama dengan cerita yang dibawakan dan dikaruniai hasil yang melimpah. Hadirnya UPT. Balai Penyuluhan Pertanian (UPT.BPP) dinilai perlu diperkuat disertai dengan pengoptimalan peran penyuluh pertanian untuk menyikapi perkembangan dinamika yang dihadapi dalam penyelenggaraan penyuluhan. UPT. BPP Kecamatan Kunir merupakan wadah bagi para penyuluh dan kelompok tani dalam penyelenggaraan penyuluhan yang diharapkan dapat meningkatkan fungsi penyebarluasan informasi dan teknologi pertanian secara cepat, efektif dan efisien, untuk dapat memfasilitasi akses petani terhadap sumber-sumber permodalan, pasar, dan teknologi pertanian. "Kantor ini milik kita semuanya, saya titip harus kita rawat," pinta Ir. Paiman.

Bupati menyambut baik diresmikannya Kantor UPT. BPP tersebut. Bupati berharap balai penyuluhan bagi kelompok tani ini dapat menjadi pusat data dan informasi pertanian di tingkat kecamatan serta dijadikan pusat pendidikan, pelatihan serta pusat pengembangan kemitraan. Menurut Bupati Asat malik Lumajang dikaruniai tanah yang subur dengan hasil bumi yang melimpah, untuk itu dirinya meminta petani agar mengelola pertaniannya secara maksimal. "Semoga pertanian panjenengan senantiasa mendapatkan berkah," pungkas Bupati. Jiwo/Ton



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)