Polisi Ciduk 5 Pelaku Pengunggah Ujaran Kebenciaan Pemicu Bentrok Bonek vs PSHT

Beritaa1,Jember : Kepolisiaan Polres Jember, Kamis (12/10/2017) berhasil mengamankan 5 orang tersangka penyebar berita bohong (hoax) dan menyebarkan pesan provokasi di media sosial, sebelum dan sesudah pertandingan Semeru FC melawan Persebaya Surabaya, Rabu (4/10/2017). Dari 5 tersangka yang berhasil diamankan polisi, 4 orang diantaranya masih berstatus pelajar.  

“kemarin kita sudah mengamankan 5 tersangka, dengan inisial AR,IG,AL, dan juga FN mereka  menyebarkan ujaran kebenciaan via whatshap dimana mereka mengajak kawan-kawan salah satu perguruaan silat untuk tidak memperbolehkan suporter untuk kembali dalam keadaan aman, sedangkan untuk tersangka inisial YS ini yang mengupload melalui media sosial facebook,” ujar Kapolres Jember AKBP.Kusworo Wibowo, Kamis (12/10/2017).

Dari ke 5 tersangka itu, Polisi menyita sejumlah alat bukti dari tangan masing-masing tersangka diantaranya sejumlah Ponsel, Pesan Whatshap dan pesan Facebook yang berisikan konten ujaran kebenci dan provokasi serta beberapa barang bukti lain.

“dari keterangan awal yang disampaikan tersangka ini, motif mereka menyebar kebenciaan dan provokasi hanya iseng namun masih kita dalami apa ada motif lain dibalik itu,” imbuhnya.

Dalam penanganan kasus itu, polisi menjerat para tersangka Undang Undang ITE dengan ancaman hukuman pidana 6 tahun penjara serta denda 1 Milyar Rupiah.

“karena mereka masih berstatus pelajar dan berusia dibawah umur maka dalam pemeriksaan tetap dilakukan pendampingan oleh orang tua maupun dari pihak Bapas, sementara ini kita tidak melakukan penahanan dan kita serahkan kepada orang tua namun proses hukum tetap berjalan untuk kita serahkan kepihak kejaksaan sampai ke tingkat pengadilan,” pungkas Kusworo.

 

 

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar