Selewengkan Dana PNPM 146 Juta, Bendahara UPK Pakusari Dijebloskan BUI

Beritaa1,Jember: Kejaksaan Negeri Jember melakukan eksekusi penahanan badan terhadap NR (30) warga desa Sumber Pinang, Kecamataan Pakusari, Jember atas dugaan penyelewengan Dana Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan 2014/2016 senilai total 146 juta rupiah, Kamis (12/10/2-107).

“oknum petugas UPK Kecamataan Pakusari ini kami tetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penyelewengan dana PNPM 2014/2015, kita tahan dalam proses pemeriksaan agar tidak mempengaruhi saksi ataupun menghilangkan alat bukti,” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Jember, Asih kepada sejumlah awak media, Kamis (12/20/2017).

Menurut Asih, tersangka NR merupakaan kordinator penyalur Dana PNPM untuk 2 Desa di Kecamataan Pakusari. Namun dalam prakteknya, jaksa juga menemukan adanya proposal pengajuaan simpan pinjam fiktif kelompok yang dibuat oleh tersangka untuk melakukan pencairan anggaran itu.

“dalam simpan pinjam ini kelompok setor uang ke rekening Tersangka sebagai UPK, dari situ uang setoran simpan pinjam dari kelompok yang seharusnya disetor kembali justru seolah-olah diangap uang pribadi tersangka dan diputar kembali ke orang lain tanpa melalui prosedur aturan yang benar, ada juga proposal simpan pinjam fiktif yang ada kelompoknya,”terangnya.

Tersangka NR untuk sementara di titipkan di Lapas Kelas 2A Jember, Tim penyidik pidana khusus Kejari Jember juga akan terus mengembangkan penyidikan atas kasus tersebut.

“tersangka kita jerat pasal 2 atau 3 UU Tipikor, sementara masih satu orang yang kami tetapkan sebagai tersangka, apakah ada tersangka lain atau tidak masih menungghu hasil pengembangan pemeriksaan  dari satu tersangka ini dan saksi-saksi lain,” pungkas Asih.

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar