Rabu, 11 Oktober 2017 - 18:37:32 WIB

Jamin Stok Aman, KP3 Kabupaten Jember Sidak Gudang Distributor Pupuk


Diposting oleh : Dhidi
Kategori: DAERAH - Dibaca: 371 kali

BeritaA1.com Jember: Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten Jember melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah gudang distributor pupuk, Rabu (11/10/2017).

Pengawasan dilakukan sebagai upaya menghindari terjadinya praktek penimbunan ataupun penyelewengan pupuk hingga mengakibatkan terjadinya kelangkaan pupuk di kalangan petani, khususnya dalam menghadapi musim tanam pada bulan Oktober hingga Desember.

“Sesuai dengan SK Bupati, kebutuhan pupuk di Jember sebesar 100 ribu ton, mengingat luasnya lahan produktif di Jember yang mencapai 81 ribu hektar, dan Jember sendiri sudah mendapat kiriman dari pusat sebesar 79 ribu ton, dan sebagian sudah didistribusikan ke beberapa kios," ujar Asisten 2 Pemkab Jember Edy B Susilo saat melakukan sidak gudang pupuk Kaltim.

Kendati demikiaan untuk mengantisipasi kelangkaan, meskipun saat ini ada diambang batas aman, petani dihimbau untuk menggunakan pupuk sebagaimana mestinya dan tidak berlebihan atau boros.

"karena bisa menyebabkan yang lain tidak kebagian, dan ujung-ujungnya dianggap langka," tandasnya.

Edy menambahkan, bahwa saat ini pemerintah kabupaten Jember sudah berkirim surat ke Kementrian Pertanian dan Gubernur untuk tambahan pupuk bersubsidi sebesar 8 ribu ton sampai akhir Nopember, sedangkan untuk Desember kebutuhan pupuk sebesar 12 ribu menunggu jawaban dari Gubernur yang akan diambilkan dari realokasi daerah lain di Jawa Timur.

“Yang jelas pemerintah kabupaten Jember akan berusaha mencukupi kebutuhan pupuk petani, jangan sampai ada pihak-pihak terutama kios dan distributor untuk menyelewengkan pupuk, jika ada yang mengetahui ada kios atau distributor menyelewengkan pupuk, silahkan lapor ke Dinas Pertanian atau ke saya di nomor 08113529007, kami sudah bekerjasama dengan kepolisian dan Kodim untuk mengawasi distibusi pupuk bersubsidi,” terangnya.

Asisten Executive (AE) pupuk Kaltim Jember Ali Maksum kepada sejumlah wartawan mengungkapkan menghadapi musim tanam bulan Oktober hingga Desember, PT. Pupuk Kaltim perwakilan Jember, Lumajang dan Probolinggo memastikan bahwa stok pupuk untuk tiga kabupaten berada di angka aman dalam 3 minggu kedepan.

“Alhamdulillah saat ini stok pupuk untuk wilayah Jember, Lumajang dan Probolinggo yang merupakan wilayah distibusi kami, masih aman untuk 3 minggu ke depan, hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah untuk menyiapkan stok tiga minggu ke depan,  jadi petani tidak perlu khawatir adanya isu kelangkaan,” ujar Maksum.

Maksum menambahkan bahwa selama ini dalam menyediakan stok pupuk, pihaknya tidak pernah menghadapi  kendala, karena kiriman dari pusat terbilang lancar

“Selama ini kami tidak ada kendala, kalaupun ada hanya hal kecil seperti terjadinya longsor di Gunung Kumitir yang menyebabkan antrian panjang, jika biasanya ditempuh 4 jam, kalau pas longsor bisa 7 sampai 9 jam,” pungkasnya.



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Pencarian



semua agenda

Agenda




• 05 November 2017

Safari Jurnalistik



semua download

Download

semua buletin

Buletin




    Statistik User


      2175611

      Pengunjung hari ini : 59
      Total pengunjung : 512472
      Hits hari ini : 136
      Total Hits : 2175611
      Pengunjung Online : 1

    Jajak Pendapat



    Apa Situs Berita Favorit Anda ?

    Kompas.com
    detik.com
    BeritaA1.com
    Liputan6.com

    Lihat

    Banner


    close