Dorong Kemandiriaan Pangan Nasional, Bupati Faida Jalin MOU dengan PTPN 11

Beritaa1,Jember: Pemkab Jember menjalin kerjasama bersama 5 Lembaga Strategis diantaranya BUMN dan lembaga swasta diantaranya dengan PTPN XI, Kanwil Dirjen Pajak Jawa Timur, Perum Perikanan Indonesia, Badan Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan perusahaan provider free internet Biznet.

Penandatanganan kerjasama itu dilakukan langsung oleh Bupati Jember dr.Hj.Faida MMR bersama Pimpinan dari lembaga dan BUMN terkait yang digelar di aula pendopo Wahya Wibawa Graha, Rabu (11/10/2017).

Dalam kesempataan itu, Bupati Faida menyatakan kerjasama dengan PTPN XI, berupa kerjasama pengelolaan 25 hektar dengan PDP Kahyangan Jember untuk produktifitas tanaman tebu.

Menurutnya, berdasarkan data dari pihak PTPN 11, untuk produksi tanaman tebu yang dihasilkan dari sejumlah pabrik gula yang ada seperti Pabrik Gula Semboro, Pg.Jatiroto masih belum maksimal, oleh karenanya perlu adanya kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan BUMN itu untuk memacu produksi dalam penyediaan lahan tanaman tebu dengan memanfaatkan lahan tidur milik pemkab Jember yang selama ini masih tidak dikelola dengan baik.

“jadi kalau masih ada produksi tebu yang bisa dihasilkan di jember ini masih bisa diakomodir, jadi sekarang memang lagi survie pemetaan lahan tidur di kabupaten jember ini untuk dipilih mana yang sesuai dan ditanam apa, Untuk lahan tidur sudah dibicarakan dengan legislatif untuk penguatan payung hukum Perda. Prinsipnya Help me to help you,” ujarnya.

Di Jember luasan lahan padi ini nomor satu di Jatim. Swasembada pangan termasuk gula, edamame, kopi dan lainnya perlu dijalin kerjasamanya.

“Sinergi harus efektif, harus sampai ke tingkat teknis terkait erat dengan ketenagakerjaan. Minta Disnaker untuk kawal persoalan tenaga kerja. Jangan sampai comot mencomot tenaga kerja. Jadi pencari kerja akan dibuktikan dengan kartu kuning, agar rekrutmen oleh perusahan bisa tercatat oleh Disnakertrans Pemkab Jember,” terangnya.

Sementara Direktur Utama PTPN 11, M Cholidi menyambut baik langkah pemerintah daerah yang dinilai turut mengawal suksesnya Program Nasional Pemerintah.

 “kami sangat menyambut baik upaya kerjasama yang dilakukan Ibu Bupati ini karena selain memanfaatkan yang mungkin kurang produktif bisa kami konversi menjadi lahan yang dapat mendukung program nasional dalam hal Kemandirian Pangan Nasional khususnya produksi gula,” ujar Cholidi.

Pihaknya kedepan juga akan terus memaksimalkan produksi gula dari sejumlah pabrik gula milik PTPN 11 yang ada di wilayah Kabupaten Jember. Hal itu diharapkan

Hal senada juga diungkapkan Komisaris Utama PTPN 11, Dedy Mawardi yang juga turut hadir dalam penandatanganan MOU antara Pemkab Jember bersama PTPN 11 serta sejumlah lembaga strategis lain itu.

“PTPN 11 sangat serius dan antusias untuk kerjasama dengan Pemkab Jember, kenapa kita ingin serius karena kita tahu bahwa jember ini punya potensi untuk mengembangkan komoditas gula, dengan adanya kerja sama ini maka kita harapkan bisa sama-sama saling menguntungkan, bukan hanya untuk PTPN 11 melainkan juga untuk masyarakat di Kabupaten Jember,” terangnya.

Pihaknya optimis dengan target sekitar 400 hektar lahan tidur milik Pemkab Jember yang dapat dikelola serta dikonversi sebagai lahan produktif untuk bahan baku tebu maka hal itu juga akan berdampak postif meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

“kita berharap kerjasama ini bisa saling menguntungkan sekaligus dapat mensejahterakaan masyarakat jember melalui komoditas gula,” pungkas Dedy.

 

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar