Senin, 09 Oktober 2017 - 20:44:30 WIB

Pemerintah Antisipasi Bencana, Pasca Rusaknya Dam Gambiran Lumajang


Diposting oleh : Kang Ton
Kategori: DAERAH - Dibaca: 289 kali

Beritaa1.com Lumajang : Kepala Bappeda Lumajang langsung melakukan langkah konkrit setelah mengetahui adanya musibah alam, selain itu pihaknya mendapatkan intruksi langsung dari Bupati Lumajang untuk segera mengambil langkah tegas dan cepat agar musibah tidak semakin parah dan menelan korban jiwa.

Kondisi demikian setelah adanya, bangunan bendugan yang berada di daerah Gambiran Kelurahan Rogotrunan ambrol, selain itu tangkis sungai sebelah timur juga mengalami kerusakan sepanjang 200 meter yang cukup parah.

"Tangkis sebelah timur mengalami kerusakan, dan bangunan DAM juga mengalami kerusakan",Ucap Kepala Bappeda Setda Lumajang, Ir. Nugroho Dwi Atmoko, Senin (09/10/2017).

Atas kejadian tersebut Bupati Lumajang Drs. Asat, M.A.g, langsung memerintahkan Bappeda karena selain berkapasitas Nugroho juga sangat paham dalam hal teknis pembangunan mengingat Nugroho bertahun tahun menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, guna mengkoordinasikan dengan BPBD, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang  (DPUTR), UPT DPU Pengairan Provinsi Jatim, dalam penanganan bencana alam tersebut, tujuannya agar jika terjadi luapan air tidak merembet kepada pemukiman warga setempat dan ratusan hektar lahan pertanian

"Dari kesepakatannya UPT DPU Pengairan Provinsi Jatim, Hari Rabu (Besok,red) mendatangkan Eksavator untuk memperbaiki tangkis tanggul yang rusak dan bangunan DAM",Tegas Nugroho.

Lebih jauh Nugroho, menceritakan untuk merealisasikan dana darurat dari APBD, Bupati meminta kepada pihak BPBD untuk mengkaji dan membuat surat keterangan bencana sehingga anggaran darurat dari Provinsi Jawa Timur bisa turun "Nantinya surat tersebut disampaikan oleh UPT Pengairan Provinsi Jatim kepada Gubernur Jatim",Lanjutnya.

Selain itu Nugroho, juga menjelaskan dalam perhitungannya dalam kerusakan bencana tangkis dan bendungan Sungai Gambiran membutuhkan anggaran sekitar Rp.800 - 900 Juta. "Anggaran yang diperkirakan sekitar Rp.800-900 Juta, dan untuk pengerjaanya dibutuhkan waktu sekitar 2 Minggu - 1 Bulan", Pungkasnya. Ton



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Pencarian



semua agenda

Agenda




• 05 November 2017

Safari Jurnalistik



semua download

Download

semua buletin

Buletin




    Statistik User


      2176779

      Pengunjung hari ini : 45
      Total pengunjung : 513097
      Hits hari ini : 70
      Total Hits : 2176779
      Pengunjung Online : 4

    Jajak Pendapat



    Apa Situs Berita Favorit Anda ?

    Kompas.com
    detik.com
    BeritaA1.com
    Liputan6.com

    Lihat

    Banner


    close