Minggu, 01 Oktober 2017 - 22:12:36 WIB

Pelukis Surealisme Lumajang Terus Kritis, Melalui Hasil Karyanya


Diposting oleh : Kang Ton
Kategori: HIBURAN - Dibaca: 198 kali

Beritaa1.com Lumajang : Seniman seni rupa atau seni lukis di Lumajang terus berupaya eksis ditengah minimnya ketertarikan masyarakat dan pemerintah dalam membeli atau memiliki seni lukis Menurut Agung Sugi Mulyadi, Dusun Kebonsari Rt/Rw 09/02, Desa Jarit Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, karya Seni lukis yang telah dia lukis selama ini ternyata tidak bisa memberikan jaminan kehidupan yang layak meskipun ratusan hasil karyanya yang telah beredar pada masyarakat.

Kondisi demikian dibuktikan meskipun sejak puluhan tahun menjadi seniman lukis namun kehidupannya dibawah rata rata dalam strata sosial ekonomi masyarakat selain juga faktor ekonomi lah yang menjadi salah satu indikator putus nya tali asmara dengan istrinya yang pertama, kemudian menikah lagi namun tidak pernah berhasil.

"Tidak ada yang kuat mas istri ikut seniman seperti saya, ya karena pendapatan seorang seniman seperti saya tidak jelas mas Pendapatan nya, "Jelasnya Hari Minggu (01/10/2017) Minimnya ketertarikan masyarakat maupun pihak lain akan seni lukis sangat minim, dan dipridiksi akan mengalami kepunahan pada generasi yang akan datang karena saat ini baik di lembaga Sekolah maupun kegiatan luar sekolah sangat jarang sekali yang menyentuh kegiatan tentang melukis, baik pembelajaran tentang melukis atau motifasi lain agar generasi muda tertarik menjadi pelukis.

Sejauh ini meskipun sejumlah penghargaan melukis beberapa tahun lalu di Blitar telah berhasil diraih itu bukan berarti akan memperbaiki nasib perekonomian keluarga karena sejauh ini hasil lukisanya dibeli dengan harga murah dan sangat jarang sekali peminat nya. Menjalani profesi sebagai pelukis dengan aliran Surealisme sudah sejak 40 tahun silam berlalu meskipun ditengah kekurangannya dari sektor ekonomi sangat nampak sekali akan tetapi Sang pelukis dengan aliran Suryalisme tersebut tidaklah patah arang untuk terus menoreh kan kuasnya dalam mendiskripsikan apa yang ada dalam pikiran sebagai bentuk kepuasan pikir tersendiri, baik siang maupun malam tidak kenal lelah.

Dalam hasil karyanya Agung Sugi Mulyadi, sebagai pelukis Surealisme selalu berupaya hasil karyanya bermanfaat untuk kemaslahatan umat karena dalam pesan yang terkandung dalam setiap karyanya memiliki nilai kritis yang konstruktif baik terhadap sosial kemasyarakatan, pendidik budaya, etika kehidupan dan bahkan sampai pada kinerja pemerintah dalam negeri ini yang sudah mengalami degradasi Nasionalisme. Sang pelukis legendaris asal Kota Pisang Lumajang tersebut beraliran Suryalisme yang bisa dikatakan Surealisme adalah suatu aliran seni yang menunjukkan kebebasan kreativitas sampai melampaui batas logika. Surealisme juga dapat didefinisikan sebagai gerakan budaya yang mempunyai unsur kejutan sebagai ungkapan gerakan filosofis.

Surealisme merupakan suatu karya seni yang menggambarkan suatu ketidak laziman, oleh karena itu surealisme dikatakan sebagai seni yang melampaui pikiran atau logika. Ton



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Pencarian



semua agenda

Agenda




• 05 November 2017

Safari Jurnalistik



semua download

Download

semua buletin

Buletin




    Statistik User


      2231250

      Pengunjung hari ini : 438
      Total pengunjung : 535337
      Hits hari ini : 1933
      Total Hits : 2231250
      Pengunjung Online : 6

    Jajak Pendapat



    Apa Situs Berita Favorit Anda ?

    Kompas.com
    detik.com
    BeritaA1.com
    Liputan6.com

    Lihat

    Banner