Kamis, 29 November 2018 - 11:59:06 WIB

Lokasi Rawan Longsor, Masyarakat Tempursari Lumajang Harus Terus Waspada


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: DAERAH - Dibaca: 17 kali

BeritaA1, Lumajang : Akibat intensitas hujan yang sering terjadi tinggi, masyarakat Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang Jawa Timur dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana tanah longsor pada musim penghujan kali ini.

Kepala Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang Jawa Timur Muchtar Efendy, menjelaskan pada awal musim penghujan kali ini saja sudah terjadi tiga kali titik longsor di wilayahnya yang pertama yakni halaman SDN Kali uling 03 yang tergerus tanah longsor dan nyaris bangunan SD turut menjadi rusak.

Akibat musibah tersebut halaman dan plengsengan hasil pembangunan swadaya masyarakat yang telah dibangun sejak satu tahun silam dengan Panjang 15 meter dan ketinggian 4 meter rusak berat Selain itu adanya dua bangunan rumah warga yang terdampak terjadinya tanah longsor wilayah Desa Kali Uling dengan waktu yang nyaris bersamaan dengan kejadian tanah longsor di halaman sekolahan.

"Yang pertama kita harus selalu berdoa Kepada Tuhan agar selalu selamat dari malapetaka, harus perduli dengan keadaan lingkungan gorong gorong yang buntu harus dibersihkan, ini baru mengawali penghujan sudah terjadi longsor, padahal musim penghujan ini masih panjang, "Katanya Kamis (29/11/2018).

Lebih jauh Kades Kaliuling Kecamatan Tempursari Muchtar juga menjelaskan, secara letak geografis pada kawasan Pemukiman warga Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari merupakan pegunungan dan rata-rata pemukiman warga di atas kemiringan yang disulap menjadi dataran dan dibawah tebing, untuk itu sangat berpotensi terhadap terjadinya tanah longsor terlebih oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Lumajang telah ditetapkan sebagai kawasan rawan terjadinya tanah longsor.

Kepala Desa Kali uling Kecamatan Tempursari Lumajang saat ini terus menghimbau dan setiap malam bersama warga melakukan ronda malam untuk terus memantau dan berupaya melakukan kesiapsiagaan dini terhadap potensi terjadinya tanah longsor yang bisa mengancam keselamatan warga.

Untuk itu saat ini pihaknya menghimbau kepada seluruh warga agar perduli terhadap potensi terhadap terjadinya tanah longsor seperti selalu memantau kebersihan lingkungan dan memantau selalu gorong gorong air terutama pada saat hujan dengan intensitas tinggi. Ant



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)