Kamis, 04 Oktober 2018 - 13:45:59 WIB

Kades Tegalrejo Tempursari Lumajang Suport Bupati Terpilih Dongkrak Potensi Desa


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: DAERAH - Dibaca: 104 kali

BeritaA1 Lumajang : Kepala Desa Tegal Rejo Kecamatan Tempursari Lumajang Jawa Timur berharap pasca dilantiknya Bupati Lumajang terpilih periode 2018/2023 yakni Thoriqul Haq dan Ir Indah Amperawati MSi Pemerintah Daerah Lumajang semakin berkembang pesat dari segala sektor dan bermartabat.

Kepala Desa Tegal Rejo Kecamatan Tempursari Lumajang Jawa Timur Sujono Milyono, dimana letak geografis daerahnya merupakan daerah pinggiran Lumajang dan akses dari desanya menuju Lumajang kota sangat jauh namun tidak menyurutkan nyalinya untuk terus mengembangkan segala bentuk potensi yang ada di daerahnya demi kemakmuran Masyarakat Lumajang kedepan.

Untuk itu dengan adanya Bupati terpilih kedepanya mampu mensuport dalam mengembangkan desanya lebih baik lagi dengan segala program yang telah dicanangkanya selama ini oleh Bupati " Iya muda mudahan setelah terlantiknya Bupati Lumajang yang baru Rakyat Lumajang menjadi lebih sejahtera, daerahnya lebih semakin maju dalam segala sektor,"Jelasnya Kamis (04/10/2018) Sementara itu Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M. ML., dan Ir. Indah Amperawati, M.Si., menyampaikan Pidato Perdananya dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Lumajang, dihadiri Gubernur Jawa Timur, DR. Soekarwo dan undangan serta seluruh peserta Rapat di Pendopo Kabupaten Lumajang. Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq dan Bunda Indah memaparkan potensi dan permasalahan serta rencana penyelesaian masalah yang ada di Kabupaten Lumajang. Cak Thoriq menjelaskan, secara geografis potensi Lumajang dari Produk Domestik Regional Bruto -PDRB dominan di sektor pertanian, yaitu mencapai 35.91%.

Namun pertanian di Kabupaten Lumajang masih terdapat problem, terutama dari segi regenerasi petani itu sendiri. Di sisi lain, kesuburan tanah terus berkurang. Oleh karena itu, Bunda Indah memberi solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dengan mendorong indutri hasil pertanian, sehingga pertanian di Kabupaten Lumajang produksinya terus meningkat. Salah satu contoh wilayah Lumajang bagian selatan airnya melimpah, sehingga pertanian sangat produktif.

Sementara wilayah bagian utara produksi sengon. "Lumajang yang kering produktif, dan lahan yang cukup air juga produktif," ujarnya. Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Pakde Karwo mengatakan, "80% penduduk Lumajang di bidang pertanian. Kalau ingin membenahi kesejahteraan ya di bidang pertanian itu. Sehingga pertaniannya mulai saprodi, bibit, pupuk, panen, dan produksi panen, sehingga ada proses produksinya. Kalau bisa di Gapoktan -Gabungan Kelompok Tani itu sudah jadi beras. Jangan jualan gabah. Pemerintah itu harus menyisihkan uangnya lewat BPR sini, lalu dikreditkan murah kepada kelompok pertanian," tuturnya.

Pakde Karwo meminta Bupati dan Wakil Bupati Lumajang memperhatikan urusan wajib pemerintah daerah sesuai dengan UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No. 17 tahun 2003 tentang Keuangan Daerah. Ia berpesan agar Pemerintah Daerah melakukan komunikasi dengan DPRD Lumajang dalam merumuskan perencanaan dan pengambilan kebijakan. "Jangan pernah meninggalkan DPRD dalam mengambil keputusan. Kalau lembaganya kompak baru perencanaan dapat dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

"Saya kira kita harus menghormati pemimpin yang lama, kita harus belajar menempatkan pemimpin yang berjasa di kehidupan kita," Pungkasnya. An



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)