Kamis, 12 Juli 2018 - 10:15:43 WIB

Layanan Pendidikan Anak Usia 0-2 Tahun Melalui Pos PAUD Diresmikan


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: DAERAH - Dibaca: 38 kali

BeritaA1, Probolinggo : Layanan pendidikan anak usia 0-2 tahun melalui Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara resmi dilaunching (rilis) di Pendopo Kecamatan Besuk, Selasa (10/7/2018) siang.

Layanan yang merupakan bagian dari Aksi 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) ini merupakan kerja sama PKBM Insan Cendekia Kecamatan Besuk dengan 7 (tujuh) Kepala Desa di Kecamatan Besuk meliputi, Desa Bago, Alasnyiur, Sindetanyar, Besuk Kidul, Besuk Agung, Randujalak dan Alaskandang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina, Camat Besuk Teguh Prihantoro dan Forkopimka Besuk, Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo, 7 (tujuh) kepala desa yang mendapatkan layanan pendidikan anak usia 0-2 tahun melalui Pos PAUD, kepala puskesmas dan beberapa instansi terkait di Kecamatan Besuk.

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penyerahan APE Pos PAUD secara simbolis oleh Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina.

Dilanjutkan dengan penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) antara PKBM Insan Cendekia dengan 7 kepala desa dan 7 Ketua LPP (Lembaga Pembina Posyandu) dari Desa Bago, Alasnyiur, Sindetanyar, Besuk Kidul, Besuk Agung, Randujalak dan Alaskandang.

Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo mengungkapkan kegiatan ini bertujuan meningkatkan peran serta satuan PKBM Insan Cendekia dalam layanan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) sebagai lembaga PKBM yang sudah terakreditasi A tahun 2016.

"Disamping ikut serta dalam optimalisasi kampanye 1000 HPK di Kabupaten Probolinggo, khususnya di Kecamatan Besuk, "katanya.

Menurut Massajo, kegiatan ini diharapkan menghasilkan persepsi yang sama dalam memberikan layanan tumbuh kembang anak usia 0-2 tahun melalui kader, orang tua, aparatur desa, kecamatan dan masyarakat.

"Sekaligus meningkatkan skill atau ketrampilan dalam merawat tumbuh kembang anak secara benar, bukan dari aspek fisik semata, tetapi aspek psikis, psikologis, stimulasi kecerdasan dan edukasi yang tepat," harapnya.

Sementara Camat Besuk Teguh Prihantoro merasa sangat terbantu dengan adanya program layanan pendidikan anak usia 0-2 tahun melalui Pos PAUD ini. Sebab dengan adanya program ini ada perhatian dari desa untuk meningkatkan 1000 HPK yang menjadi titik berat tumbuh kembangnya anak.

Selama ini banyak orang tua yang tidak tahu tentang perkembangan anaknya. Biasanya anak baru dididik setelah dia sudah bisa bicara dan jalan.

"Padahal seharusnya mulai usia 0-2 tahun anak sudah mulai dididik. Setidaknya ada pemahaman yang sama bahwa anak-anak itu harus dididik sejak dini," ungkapnya.

Teguh menegaskan bahwa desa harus sudah mulai memikirkan bagaimana generasi muda itu sudah harus dididik mulai usia 0-2 tahun. Dengan begitu, desa sudah mempersiapkan generasi mudanya sejak usia 0.

"Dengan adanya pos layanan ini, dari Undang-undang (UU) Tentang Desa maupun UU Tentang Pemerintahan Daerah sudah sejalan. Disitu ada unsur kesehatan dan pendidikan dengan keterlibatan kader posyandu, bidan desa dan guru PAUD. Nantinya ke depan secara pelan-pelan akan terbentuk Taman Posyandu, "tegasnya.

Sedangkan Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengaku sangat bersyukur telah dilaunching layanan pos PAUD kerjasama PKBM Insan Cendekia dengan 7 kepala desa di Kecamatan Besuk.

"Pos PAUD adalah layanan pendidikan anak usia dini yg diintegrasikan dengan program Bina Keluarga Balita (BKB) dan Posyandu yang dikelola oleh Pemerintah Desa. Best practise ini patut diapresiasi dan dicontoh oleh desa-desa yang lain," katanya.

Dalam pelaksanaannya terang Dewi, diperlukan dukungan dan koordinasi yang intens oleh SKPD terkait selaku pembina teknis utamanya dukungan bagi para kader.

Semoga melalui program Pos PAUD ini kualitas sumberdaya manusia di Kabupaten Probolinggo semakin meningkat, harapnya. Kegiatan ini diakhiri dengan workshop calon guru Pos PAUD yang diikuti peserta dari unsur LPP dan kader posyandu yang berasal dari 7 desa yang mendapatkan layanan pendidikan anak usia 0-2 tahun melalui Pos PAUD. Zid



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)