Jumat, 06 Juli 2018 - 11:37:35 WIB

Puluhan Hektar Lahan Padi Kabupaten Jember diTerjang Angin


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: DAERAH - Dibaca: 21 kali

BeritaA1, Jember : Puluhan hektar lahan tanaman padi di Kabupaten Jember terancam gagal panen akibat angin kencang yang terjadi sejak 2 hari terakhir.

Menurut Kuseno usia 45 tahun petani Padi Desa Karang Semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember menuturkan jika para petani padi resah akibat tanaman padinya banyak yang roboh diterjang angin.

"banyak yang ambruk ini tanaman padinya akibat angin kencang yang terjadi sejak 2 hari ini," jelasnya Kamis (05/07/2018).

Hal senada juga diungkapkan Subandi petani setempat jika puluhan hektar tanaman padi yang telah berbuah roboh dan rata dengan tanah.

"gak ada hujan tapi anginnya sangat kencang sehingga berpotensi roboh," ungkapnya.

Untuk menghindari kerugian yang lebih besar, para petani setempat melakukan panen dini yang pasti akan berdampak pada rendahnya kualitas gabah.

“Ya, terpaksa (panen dini). Khawatir padi membusuk lebih banyak,” lanjut Subandi.

Dengan panen dini dari pantauan media ini akan ada penurunan hasil panen sekitar 35 persen hingga 40 persen dari hasil panen normal dalam setiap satu hektar.

"biasanya dalam satu hektar kita akan dapat sekitar Rp 30juta biaya kotor klu kondisi demikian sudah pasti rugi banyak," pungkasnya. Hid



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)