Kamis, 05 Juli 2018 - 19:54:11 WIB

KPU Lumajang Umumkan Hasil Rekapitulasi Pleno Terbuka Melalui Website


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: POLITIK - Dibaca: 32 kali

BeritaA1, Lumajang : Hasil rekapitulasi dan penetapan perolehan surat suara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Lumajang yang telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum -KPU Lumajang berjalan aman dan lancar sesuai dengan harapan berbagai pihak.

Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Lumajang Muhammad Ridhol Mujib SE, menjelaskan jika hasil rekapitulasi dan penetapan perolehan surat suara yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga sore hari berjalan lancar dan hasilnya secara detail akan diumumkan melalui website KPU Lumajang dengan alamat website www.kpud-lumajangkab.go.id dan akan dipajang di Papan Pengumuman KPU Lumajang agar diketahui oleh semua Masyarakat.

"Alhamdulilah penetapan hasil rekapitulasi Guberbeur dan Wakil Gubenur Bupati dan Wakil Bupati sudah selesai dan berjalan sesuai harapan semua pihak,"Katanya Kamis (05/07/2018).

Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Lumajang ketika dikonfirmasi lebih jauh terkait hari Penetapan bagi Paslon Bupati terpilih di Lumajang. Ridho Mujib menjelaskan jika setelah ditetapkan masih adanya waktu tiga hari kedepan ini bagi Paslon yang dimungkinkan akan melakukan gugatan dan kemudian setelah itu masih menunggu tanggal 23 Juli mendatang karena menurut informasi dari KPU Jatim akan adanya data terkait semua gugatan akan diregister oleh Mahkamah Konsitusi.

"Jika tidak adanya gugatan maka KPU bisa langsung menetapkan pasangan Bupati terpilih setelah tiga hari itu juga. Akan tetapi jika adanya gugatan tentu saja setelah hasil keputusan Mahkamah Konstitusi dalam sengketa Pilkada tersebut baru bisa ditetapkan," jelasnya.

Sementara itu Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah SE menjelaskan hal yang sama sementara itu untuk penetapan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang masih menunggu apakah ada gugatan ataukah tidak dari hasil Pilkada tersebut, meskipun tentu saja gugatan tersebut tidak diinginkan mengingat selisih peroleh surat suara dalam Pilkada Lumajang selisihnya sangat banyak.

Sesuai UU 10 tahun 2016 untuk penduduk yang pemilihnya lebih dari satu juta maka selisih perolehan suara minimal 0,5 persen baru bisa dilakukan gugatan di Mahkamah Konstitusi.

"Di Lumajang dalam rekapitulasi dan penetapan Pilkada berjalan lancar, untuk penetapan masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi - MK,"Pungkasnya. Kan



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)