Kamis, 05 Juli 2018 - 09:22:44 WIB

KPU Probolinggo Gelar Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilgub-Pilbup 2018


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: POLITIK - Dibaca: 78 kali

BeritaA1, Probolinggo : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Probolinggo tahun 2018.

Kegiatan yang diselenggarakan di Pendopo KPU Kabupaten Probolinggo ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Probolinggo M. Zubaidi didampingi Komisioner, Sekretaris dan seluruh jajaran KPU Kabupaten Probolinggo.

Rapat pleno terbuka ini dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Moh. Yasin, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Zaini Gunawan, sejumlah Kepala OPD dan Forkopimka se-Kabupaten Probolinggo.

Hadir pula Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Probolinggo dan para saksi dari 2 (dua) pasangan calon (paslon) baik dari Pilgub Jawa Timur maupun Pilbup Probolinggo pada Pilkada serentak tahun 2018. Yakni, paslon Hj. Khofifah Indar Parawansa-Dr Emil Elestianto Dardak, M.Sc (Kerja) dan paslon Drs. H Saifullah Yusuf-Hj Puti Guntur Soekarno, S.IP (Gusti) untuk Pilgub Jawa Timur serta paslon Hj Puput Tantriana Sari-Drs. HA. Timbul Prihanjoko (Hati) dan H Abdul Malik Haramain, M.Sc-H Mohammad Muzayyan, M.HI (MMC).

Setelah dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Probolinggo HM Zubaidi, masing-masing PPK secara bergantian membacakan rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan di masing-masing kecamatan. Dimana hasil penghitungan suara tersebut diambil dari dalam kotak suara yang digembok oleh masing-masing PPK.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU Kabupaten Probolinggo, untuk Pilgub Jawa Timur tahun 2018, paslon nomor 1 (Kerja) memperoleh 331.939 suara, paslon nomor 2 (Gusti) memperoleh 260.066 suara, jumlah seluruh suara sah 592.005 suara, jumlah suara tidak sah 36.937 suara serta jumlah seluruh suara sah dan suara tidak sah 628.942 suara.

Sementara hasil penghitungan suara untuk Pilbup Probolinggo tahun 2018, paslon nomor 1 (Hati) memperoleh 345.473 suara, paslon nomor 2 (MMC) memperoleh 254.337 suara, jumlah seluruh suara sah 599.810 suara, jumlah suara tidak sah 29.086 suara serta jumlah seluruh suara sah dan suara tidak sah 628.896 suara.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo HM Zubaidi mengungkapkan bahwa tingkat kehadiran masyarakat di Kabupaten Probolinggo pada saat pemungutan suara sangat mencapai 74%. Jumlah ini masih berada di atas nasional yang mencapai 73,023% dan Provinsi Jawa Timur 68%.

"Untuk tingkat kehadiran masyarakat ke TPS (Tempat Pemungutan Suara), kita berada di urutan 7 tertinggi di Jawa Timur. Masyarakat yang tidak hadir bukan golput, tetapi karena sakit atau kesibukan pekerjaan," katanya Kamis (05/07/2018).

Zubaidi mengaku bersyukur karena rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Jawa Timur dan Pilbup Probolinggo dapat berjalan dengan baik sesuai dengan PKPU Nomor 01 tahun 2016 bahwa rekapitulasi dimulai tanggal 4-6 Juli 2018 dan PKPU Nomor 09 tahun 2018 tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara.

"Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik dan lancar. Kalaupun ada keberatan itu tidak pada angka perolehan, tetapi keberatan lebih pada hal administrasi. Misalnya karena ada stip X, memakai pensil maupun C1 KWK yang difotocopy. Namun itu tidak menghalangi hasil rekapitulasi penghitungan suara, " jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima berita acara rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jawa Timur dan Pilbup Probolinggo secara simbolis oleh Ketua KPU Kabupaten Probolinggo HM Zubaidi didampingi Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Zaini Gunawan dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo. Zid



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)