Rabu, 13 Juni 2018 - 11:23:23 WIB

Tradisi Sembelih Sapi Sebelum Lebaran di Jember


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: DAERAH - Dibaca: 91 kali

BeritaA1, Jember : Di tengah semakin mahalnya berbagai macam kebutuhan barang mendekati perayaan lebaran 1439 Hijriyah, masyarakat Jenggawah Kabupaten Jember mempunyai cara yang unik untuk meminimalisasi pengeluaran kebutuhan daging terlebih daging sapi yakni dengan menyembelih sapi dengan cara bersama.

Menurut Dofi Ketua Rt 15 Rw 04 Desa Jatimulyo kecamatan Jenggawah kabupaten Jember menuturkan jika tradisi menyembelih sapi sebelum lebaran kerapkali dilakukan masyarakat sekitar secara bergotong royong.

"setiap tahun selalu menyembelih sapi alhamdulillah buat kebutuhan lebaran," jelasnya Rabu (13/06/2018).

Dofi menambahkan jika dana untuk membeli sapi tersebut didapat dari iuran warga sebanyak 80 orang yang dikumpulkan setahun yang lalu untuk di belikan sapi dan dirawat hingga waktu penyembelihan tiba.

"Uangnya setahun yang lalu terus dibelikan 2 ekor sapi dan disembelih sebelum hari raya," tambahnya.

Salah satu warga setempat Risa Umami (31) mengatakan sangat antusias dan senang dengan adanya tradisi ini karena sangat membantu memenuhi kebutuhan hari raya ditengah semakin mahalnya harga daging ayam maupun sapi.

"Alhamdulillah dapat daging 5 kilo dengan tabungan Rp 300 ribu rupiah setahun yang lalu dan sangat membantu sekali ditengah mahalnga harga daging dipasaran," pungkasnya dengan sumringah. Hid



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)