Selasa, 15 Mei 2018 - 19:51:05 WIB

Satlinmas Lumajang Diharapkan Menjadi Pelopor dan Penggerak Keamanan


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: DAERAH - Dibaca: 65 kali

BeritaA1, Lumajang : Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Gawat Sudarmanto, S.H., menutup kegiatan Workshop Satlinmas tahun 2018 yang dipusatkan di GOR Wirabhakti, Selasa (15/05/2018).

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan bahwa Satuan linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah - tengah masyarakat, serta linmas harus membaur dengan kelompok - kelompok masyarakat, guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman diwilayah desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Drs. Gawat Sudarmanto, manyampaikan bahwa pelaksanaan workshop ini pada dasarnya adalah untuk meningkatkan sumberdaya linmas di Kabupaten Lumajang.

Dengan adanya linmas diharapkan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan partisipatif dalam masyarakat.

Selesainya workshop angkatan pertama hingga keempat ini diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama mengikuti workshop penguatan kelembagaan linmas didaerahnya masing - masing.

Satuan linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah - tengah masyarakat. Linmas juga diharapkan membaur dengan kelompok - kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman diwilayah desa.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H. Agus Wicaksono, S.Sos., berharap tiga pilar yang ada di Kabupaten Lumajang, yaitu pemerintah, TNI dan Polri dapat menjaga kestabilan masyarakat Lumajang.

Sebagai satlinmas harus dapat menjalankan peran dan tugasnya secara baik, agar masyarakat dapat merasakan manfaat dengan keberadaan linmas. Ia mengharapkan, pemerintah dapat memfasilitasi satlinmas dalam menjalankan peran dan tugas dengan baik dilingkungan masing - masing. Dengan begitu, masyarakat akan merasa aman dan nyaman, serta linmas harus bisa menjadi contoh yang baik buat masyarakat.

"Ketahanan daerah kuat, ketahanan nasional akan ikut kuat", ungkapnya.

Di pihak lain, Kapolres Lumajang, AKBP Rahmat Iswanusi, SH. SIK., mengatakan bahwa tugas Satlinmas adalah membangun kestabilan di masyarakat serta ikut menanggulangi bencana.

Berkaitan dengan pemilukada tugas linmas adalah berkodinasi dan bekerjasama dengan pelaksana di TPS dengan baik dalam menjaga ketertiban selama pelaksanaan pemilu. Menjelang pemilukada, tahun ini merupakan tahun demokrasi. Kapolres percaya, Satlinmas ikut menyukseskan pemilukada di Jatim khususnya Kabupaten Lumajang.

Danramil Kota, Kapten. Inf. Ainur Rofik, SH., saat mewakili Dandim 0821 Kabupaten Lumajang menyatakan bahwa saat ini kita semua sangat prihatin dengan kejadian teror yang tidak manusiawi yang mebuat keresahan warga jatim.

Sebagai elemen masyarakat kita harus bersatu memerangi teroris dan menjaga kestabilitas lumajang agar tetap terjaga. Dan juga saat ini kita semua berada di masa - masa pemilukada.

Untuk itu, diharapkan linmas dapat mendukung pemilukada dengan baik dan dapat menghindarkan dari hal - hal yang dapat menghambat jalannya pemilukada.

Kepala BKD Kabupaten Lumajang, Drs. Nurwakit Ali Yusron, M.AP., menjelaskan bahwa penutupan workshop 4 angkatan dan diikuti oleh 1.230 peserta, berasal dari Linmas yang berada di 198 desa dan 7 kelurahan di wilayah Kabupaten Lumajang.

Angkatan 1 tanggal 2, 4 dan 5 Mei 2018, diikuti 306 peserta

Angkatan II tanggal 7, 8 dan 9 Mei 2018, diikuti 312 peserta.

Angkatan III tanggal 10,11 dan 12 Mei 2018, diikuti 306 peserta, dan

Angkatan IV tanggal 13, 14 dan 15 Mei 2018, diikuti 306 peserta. Hid/Ant



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)