Sabtu, 28 April 2018 - 13:50:16 WIB

Dispendik Probolinggo Gelar Bimtek


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: OLAHRAGA - Dibaca: 162 kali

BeritaA, Probolinggo Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) penyelenggaraan pendidikan keluarga tahun 2018 di Kampoeng Kita Hotel dan Waterpark Desa Condong Kecamatan Gading, Jumat hingga Senin mendatang Bimtek yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dispendik Kabupaten Probolinggo Sentot Dwi Hendriyono, mengambil tema Dengan Melalui Pendidikan Keluarga Kita Tumbuh Kembangkan Karakter dan Budaya Prestasi Anak.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari Penilik PAUD, Pengawas TK, Pengawas SD, Pengawas SMP, Kepala Sekolah Kelompok Bermain, Kepala Sekolah TK Negeri Pembina, Kepala Sekolah SD Negeri, Kepala Sekolah SMP Negeri, Kepala SKB (Sanggar Kegiatan Belajar), Komite SD, Komite SMP, Himpaudi, IGTKI, Forum PKBM serta Dispendik Kabupaten Probolinggo. Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Solikin mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas para pelaku pendidikan mengenai pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan dan mendorong implementasi di satuan pendidikan. “Karakter anak harus dibentuk di keluarga serta didukung oleh satuan pendidikan dan masyarakat.

Proses penumbuhkembangan karakter anak tidak mudah, banyak tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu, pelaku pendidikan harus berperan aktif dan menjalin kemitraan dan membangun komunikasi yang efektif dengan keluarga, khususnya orang tua, ungkapnya Sabtu (28/04/2018) Sementara Sekretaris Dispendik Kabupaten Probolinggo Sentot Dwi Hendriyono mengatakan bimtek ini merupakan kegiatan peningkatan kapasitas pelaku pendidikan keluarga mengenai pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan.

Untuk kemudian mendorong satuan pendidikan dalam mengimplementasikannya secara berkesinambungan yang bertujuan menumbuhkembangkan karakter dan budaya prestasi peserta didik, katanya.

Menurut Sentot, keluarga sebagai unsur dalam ekosistem yang terdekat dengan anak mempunyai banyak kesempatan berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak.

Bentuk dan cara interaksi dengan anak yang dilakukan dalam keluarga akan mempengaruhi tumbuh kembang dan karakter anak, tegasnya. Sentot menegaskan, bimtek ini bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga tentang pelibatan keluarga dalam menyelenggarakan pendidikan serta meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga untuk mendorong satuan pendidikan dalam implementasi pelibatan keluarga dalam menyelenggarakan pendidikan.

Disamping meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga untuk memberikan pendampingan dan pengawasan satuan pendidikan terhadap implementasi pelibatan keluarga dalam menyelenggarakan pendidikan, pungkasnya.

Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi dari beberapa narasumber. Yakni, Kebijakan Direktorat Pendidikan Keluarga oleh Dra Palupi Raraswati, MAP, Kasubdit Pendidikan Orang Tua Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jendral PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Selain itu Isu Aktual dan Pembiasaan Baik di Keluarga, Pengasuhan Positif, Mendidik Anak di Era Digital, 1000 HPK (Penurunan Stunting), Keterlibatan Orang Tua di Satuan Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan Keluarga di Satuan Pendidikan, Pelibatan Orang Tua Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga, Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat dan DPA dari narasumber Elfrida S (TP PKK Kabupaten Probolinggo), Khoirul Bahriyah (Himpaudi Kabupaten Probolinggo) dan Siti Husnul Chotimah (Dispendik Kabupaten Probolinggo). Wan/An



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)