Sabtu, 28 April 2018 - 13:43:31 WIB

Ribuan Masyarakat Pajarakan Probolinggo Ikuti Germas


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: OLAHRAGA - Dibaca: 222 kali

BeritaA1, Probolinggo, Ribuan masyarakat dari beragam unsur di wilayah Kecamatan Pajarakan turut meramaikan gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diadakan oleh Puskesmas Pajarakan di halaman Pajarakan Convention Hall PG Pajarakan.

Gebyar Germas ini dihadiri oleh Camat Pajarakan Sukarno didampingi jajaran Forkopimka Pajarakan, Kepala Puskesmas Pajarakan dr. Syaiful Bahri, perwakilan dari PG Pajarakan, para kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pelaku kesehatan yang ada di Kecamatan Pajarakan. Kegiatan Gebyar Germas ini diawali dengan senam sehat bersama dan dilanjutkan dengan jalan sehat Colour Run dengan start dan finish di halaman Pajarakan Covention Hall PG Pajarakan. Dalam kegiatan itu juga diadakan fashion show batik sayur mayur dan buah-buahan serta grebeg sayur mayur dan buah-buahan.

Tidak ketinggalan pula aksi kocak lawak Cak Buarto cs. Kepala Puskesmas Pajarakan dr. Syaiful Bahri mengungkapkan Germas merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Germas ini bertujuan menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecatatan, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktifitas penduduk serta menghindarkan peningkatan beban financial penduduk untuk pengeluaran kesehatan, katanya. "Germas dilaksanakan dengan pendekatan multisektor,"Katanya Sabtu (28/04/2018) Setiap pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, sesuai tugas pokok dan fungsinya, berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung (mendukung) upaya peningkatan kesadaran masyarakat melalui kampanye dan edukasi hidup sehat dan perubahan perilaku hidup sehat seperti beraktifitas fisik, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, tidak merokok, memeriksakan kesehatannya secara rutin, menjaga higienitas pribadi dan keluarga serta lingkungan.

Gebyar Germas ini diharapkan supaya masyarakat memperoleh informasi dan mengimplementasikan Germas mulai dari diri sendiri sampai lingkungan sekitarnya, meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh pemangku kepentingan akan peran dan tanggung jawabnya dalam Germas, harapnya. Sementara Camat Pajarakan Sukarno menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Pajarakan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.  Kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai harganya.

Oleh karena itu kesehatan ini patut kita pertahankan agar aktifitas kita dapat berjalan sebagaimana mestinya, ungkapnya. Menurut Sukarno, kegiatan Germas ini dilakukan agar kondisi tubuh tetap sehat. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan supaya kondisi tubuh tetap sehat. Seperti melalui senam dan jalan sehat, menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga pola makan.

“Grebeg sayur mayur dan buah dilakukan agar kita mengkonsumsi sayur dan buah. Jangan lupa agar selalu memeriksakan kesehatan kita secara rutin ke posyandu dan puskesmas. Sehingga kondisi kesehatan kita bisa terdeteksi secara dini, pungkasnya. Wan / An



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)