Rabu, 11 April 2018 - 21:01:06 WIB

Ratusan Siswa Siswi SMK 1 Banyuanyar Ikuti Sosialisasi Pelatihan dari Disnaker


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 83 kali

Berita, Probolinggo : Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi penyebarluasan informasi pelatihan dan produktivitas di SMK Negeri 1 Banyuanyar.

Sosialisasi ini diikuti ratusan siswa dan siswi kelas XII yang baru selesai mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018. Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Probolinggo Priharjoto Lestari mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengenal dan memahami jenis kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di BLK (Balai Latihan Kerja) Kraksan.

"Membantu para pencari kerja muda atau pemula untuk memilih latihan kerja atau ketrampilan yang sesuai dengan potensi maupun kesempatan kerja yang berprospek sebagai persiapan untuk masuk dunia kerja. Membantu para pencari kerja untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan maupun kepribadian yang dipadukan dengan ketrampilan yang dimiliki, "paparnya Rabu (11/04/2018).

Sementara Kepala SMKN 1 Banyuanyar Agus Yudiyanto mengungkapkan kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan oleh anak didiknya yang akan lulus dan berkiprah di masyarakat untuk bekerja.

"Mudah-mudahan anak didik kami mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensinya. Merupakan hal yang sangat penting apabila bisa memfasilitasi anak didik kami dengan informasi yang bisa dijadikan arah untuk mencari pekerjaan,"ungkapnya.

Sedangkan Sekretaris Disnaker Kabupaten Probolinggo R. Ach. Fauzie Effendy mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam memberikan semangat kepada anak didik sebagai persiapan memasuki pasar kerja.

“Anak-anak yang lulus sekolah jenjang SMK secara otomatis masuk dalam kategori angkatan kerja. Karena rata-rata lulusan SMK ini setelah lulus langsung masuk dunia kerja. Walaupun ada juga sebagian yang masuk ke perguruan tinggi," paparnya.

Lanjut Fauzie, sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan informasi bahwa Kabupaten Probolinggo memiliki BLK (Balai Latihan Kerja) di Kraksaan. Jika sudah berlatih di BLK kurang tidak nantinya memiliki ketrampilan kerja.

"Setelah melaksanakan pelatihan paling tidak kita bisa mengukur kemampuan diri sendiri. Apakah setelah pelatihan ketrampilan yang kita miliki meningkat atau sebaliknya. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah pengetahuan sebelum memasuki dunia kerja," pungkasnya.

Dalam sosialisasi ini, ratusan siswa dan siswi SMKN 1 Banyuanyar ini mendapatkan materi dari narasumber Kepala BLK Budi Prayitno serta motivasi dan profil kepelatihan dari Kasi Pembinaan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur Ilham Prasetyo Leksono. wan/Ant



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)