Senin, 26 Februari 2018 - 21:42:17 WIB

Plt Bupati Lumajang Sikapi Situs Biting


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: DAERAH - Dibaca: 324 kali

BeritaA1 Lumajang : Untuk mengantisipasi kemungkinan yang semakin buruk terhadap Situs Biting peninggalan Patih Nambi, di Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono Lumajang Jawa Timur Pemerintah Lumajang turun tangan.

Upaya peninjauan Pemerintah langsung tersebut dilakukan pasca situs tersebut terdampak longsor belum lama ini akibat dari tingginya intensitas hujan pada daerah itu Menurut Plt.

Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes., meminta dinas terkait untuk segera mengatasi persoalan tersebut, sehingga tidak berdampak semakin luas. Instansi terkait yang langsung mendatangi bersama Plt Bupati Lumajang yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lumajang, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata ruang serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lumajang. Lebih lanjut, Plt Bupati menyarankan, untuk antisipasi kerusakan yang lebih parah, Plt. Bupati juga meminta agar kawasan tersebut diberi tanda sehingga masyarakat juga tau dan ikut merawat situs tersebut.

Saat ini Pemerintah sudah menganggarkan untuk perawatan situs, namun memang belum menjadi prioritas, Ia berharap ke depan Bupati Lumajang yang nantinya akan terpilih bisa membuat program dan pendanaan sehingga kebutuhan perawatan situs dapat tertangani dengan baik. "Sejak dulu Pemerintah sudah menganggarkan untuk perawatan situs tersebut,"Katanya Senin (26/02/2018)

Namun, untuk melakukan penanganan awal, Plt. Bupati meminta Kepala Disparbud Lumajang untuk segera berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provisi Jawa Timur serta Badan Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur agar segera direkontruksi oleh tim ahli.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Deni Rohman, AP., menjelaskan saat ini penanganan sementara masih ditangani oleh BPBD Lumajang, namun pihaknya akan segera melaporkan dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait. An



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)