Minggu, 18 Februari 2018 - 09:51:32 WIB

Ratusan Hektar Lahan Padi Jember Terus Di Serang Hama Wereng


Diposting oleh : Kang A"an
Kategori: DAERAH - Dibaca: 295 kali

BeritaA1, Jember : Para Petani padi di Kabupaten Jember selatan saat ini terus berjuang melawan serangan hama wereng yang terus menyerang sejak sepekan terakhir.

Serangan hama wereng terus menyerang dengan sangat cepat dan kuat serta masif yang dimungkinan akan mengurangi hasil produktifitas para petani padi di Jember selatan pada panen raya padi mendatang jika para petani tidak mampu mengatasi persoalan tersebut tentu berakibat fatal yakni gagal panen Kuseno Petani Padi Rt/Rw - 6/02 Dusun Lohong Desa Karang Semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember hinggga saat ini terus berjuang melawan hama wereng dengan berbagai macam insektisida dengan cara disemprotkan ke tanaman padi miliknya yang terus diserang.

Pihaknya selama ini telah melakukan penyemprotan tanaman padi dengan metode dosis yang bertahap dan insektisida yang fareatif, upaya tersebut dilakukan sebagai langkah kongkrit dan masif serta sistemik dalam membasmi hama padi yang tergolong membandel tersebut.

Jika hama dengan tiba tiba dibasmi dengan dosis yang tinggi maka dimungkinkan hama akan mengalami kebal sehingga justru sangat sulit dibasmi, untuk itu upaya pembasmian dengan metode dosis bertahap merupakan langkah kongkrit dan dibuktikan sangat efektif untuk membasmi musuh utama para petani tersebut.

"Pembasmianya harus dilakukan secara sistemik dan metode dosis yang bertahap serta menggunakn racun yang fareatif agar tidak kebal penyakitnya dan mudah dibasmi, "Katanya Minggu (18/02/2018).

Sementara itu menurut salah satu pengamat pertanian di Jember Selatan Hery Rudiatmoko menjelaskan jika Hama wereng coklat tergolong sebagai hama utama yang menyerang tanaman padi.

Wereng coklat sangat ditakuti oleh para petani padi, karena keberadaan dari hama ini bisa menyebabkan tanaman padi yang ditanam akan menjadi kering.

Kerusakan yang ditimbulkan bisa dari skala ringan, berat hingga sampai puso. Hama wereng coklat menyerang tanaman padi hampir pada semua fase. Mulai dari fase pembibitan, fase anakan, sampai dengan pada masa fase masak susu/pengisian bulir padi.

"Hama serangga mungil ini sangat betah hidup pada daerah yang lembab dengan suhu yang berkisar antara 20 – 30oC. Oleh karena itu perlu ditingkatkan kewaspadaan pada saat musim tanam yang berbarengan dengan musim penghujan. Jika Anda sebagai petani padi lengah sedikit saja dalam pengambilan keputusan untuk pengendalian hama wereng, maka akan berdampak pada gagal panen,"Tegasnya.

Cara mengatasi hama wereng, tim peneliti dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi telah menyarankan lima tips cara mengatasi hama wereng yang dapat diterapkan oleh para petani padi yakni Hendaknya Petani melakukan pengamatan rutin pada pertanaman padi, selain itu juga jarak tanam penanaman padi dengan jarak tanam yang tidak terlalu rapat. Sebaiknya menggunakan sistem tanam jajar legowo 2:1 atau 3:1.

Kemudian langkah selanjutnya yakni gunakanlah varietas tanaman padi yang tahan terhadap serangan hama wereng, Lakukanlah pergiliran varietas padi dan Memanfaatkan musuh alami sebagai predator hama wereng. Musuh alami yang dapat Anda gunakan adalah kepik, kumbang, laba – laba, capung kecil dan belalang.

Jika serangan hama wereng sudah terlanjur masif maka Petani bisa melakukan penyemprotan insektisida dengan bahan aktif sesuai label anjuran yang tercantum pada kemasa insektisida.

Pada kesempatan terpisah Kepala Desa Karang Duren Kecamatan Balung Kabupaten Jember H Ahmad Fauji ketika dikonfirmasi membenarkan jika padi miiik warganya juga diserang hama wereng sejak beberapa minggu yang lalu hingga saat ini.

"Para petani memang sangat resah terhadap hama yag menyerang tananmannya, Kelompok petani juga diminta agar secepatnya merapatkan barisan dengan Petugas Pebyuluh Lapangan -PPL untuk mencari solusi paling tidak di ajak kordinasi dan musyawarah untuk mencari jalan keluarnya, dan di samping itu dinas pertanian juga turut di undang, Alhamdulillah Desa Karang Semanding sebagian kelompok taninya berjalan dan di adakan pertemuan setiap 1 bulan 2 kali, "Kata Kades Karang Semanding Balung.

Sejauh ini Pihaknya juga tidak henti- hentinya memberikan motifasi kepada warga agar tetap semangat dan tidak panik dalam membasmi hama tersebut sehingga serangan yng dilakukan oleh para petani terhadap hawa wereng tepat sasaran.

Pihaknya juga menjelaskan jika serangan hama wereng saat ini terjadi dimungkinkan salah satu faktornya adalah cuaca yang sering kali mendung dan turun hujan sehingga hama jenis wereng ini sangat mudah datang dan berkembang biak.

"Saya terus berupaya memberikan motifasi kepada para petani agar terus maksimal dalam mengatasi hama Para petani, karena mayoritas penduduk kami merupakan mata pencaharian pokoknya adalah sebagai petani, kasian sekali petani padi saat ini dan semoga masalah petani ini segera terselesaikan dan petani bisa mendpatkan untung pada panen raya mendatang,"Pungkasnya. Ant



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)